Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Yang Paling Disukai Rakyat Setelah Debat (Eps 4)


Pemuda yang suka menulis itu terdiam melihat gadis cantik mendatangi rumahnya. Dan Si Gadis berkata, “Jika kamu takut aku diapa-apain saat mengantarkan barang pesanan. Lebih baik kamu jadikan aku pembantu di rumahmu ini.”
Si penulis lalu bicara, “Apa boleh buat. Besok bekerjalah di rumahku. Kamu juga boleh tinggal di sini.”
Si gadis sangat gembira, “Benarkah. Terima kasih. Aku sudah bosan terus dihina dan dilecehkan setiap mengantar barang dan bertemu laki-laki.” Jawabnya kemudian pergi.
Si pemuda lalu duduk nonton Tv dan menyaksikan acara debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Dia tidak suka dengan mereka yang hanya membuat janji. Diapun menulis cerita tentang debat yang berjudul, “Calon Presiden Yang Paling Disukai Rakyat.”

Calon Presiden Yang Disukai Rakyat Setelah Debat

Moderator: Masalah penggangguran dan kemiskinan, masih menjadi masalah di negara ini, bagaimana cara mengatasinya?
Paslon 1: Selama pemerintahan sekarang pengangguran dan kemiskinan turun 5%. Mungkin akan turun lagi jika kami terpilih.
Paslon 2: Saya berkunjung ke warga, dia mengaku keluarganya tidak makan pagi, seluruh anaknya pengangguran, jika kami terpilih, akan mendirikan banyak lapangan pekerjaan.
Paslon 3: Saya tidak sempat kampanye kecil, maupun akbar karena sibuk mendirikan perusahaan baru dan menyuruh semua karyawan saya data warga miskin di daerahnya, bagikan sembako dan makan gratis jika mereka kelaparan serta jika ada anggota keluarganya yang pengangguran langsung saya rekrut jadi karyawan di perusahaan saya. Saya sadar jumlah perusahaan saya belum cukup banyak jadi apabila kami terpilih, kami suruh DPR dan DPRD yang cari warga seperti tadi daripada tidur saat rapat dan jika ada anggota keluarga yang pengangguran atau gaji kecil seperti Honorer akan direkrut jadi pegawai BUMN, atau PNS.

Moderator: Negara ini masih menjadi negara berkembang bagaimana cara anda menjadikannya menjadi negara maju.
Paslon 1: Di pemerintahan sekarang, infrastruktur berhasil  dibangun seperti jalan tol. Dan jika terpilih akan banyak jalan yang kami bangun lagi.
Paslon 2: Saat kami lakukan kunjungan ke desa terpencil banyak warga yang mengeluh jalan desanya masih belum bagus. Jika kami terpilih kami akan perbaiki jalan desa tersebut.
Paslon 3: Setiap saya melalui suatu jalan dan menemukan jalan rusak atau jalan yang belum diaspal. Saya langsung suruh perusahaan saya untuk memperbaiki jalan rusak dan mengaspal jalan yang saya lalui tadi. Saya juga sediakan nomor telpon bagi warga untuk mengabari saya tentang jalan desa mereka yang rusak atau belum teraspal. Saya akan langsung perintahkan perusahaan saya untuk memperbaiki dan mengaspal jalan tersebut. Masalahnya izin untuk melakukan proyek tersebut yang sangat sulit didapatkan. Jadi saat terpiih nanti saya akan mempermudah izin perusahaan saya melakukan hal tersebut.

Moderator: Bagaimana cara Anda mengembangkan pertahanan dan aset negara?
Paslon 1: Negara ini mempunyai pertahanan terkuat nomor 4 di Asia Tenggara, dan pemerintah sekarang sudah berhasil memperoleh saham 51% perusahaan tambang terbesar yang dimiliki asing di  negara ini.
Paslon 2: Keuangan negara bocor keluar Negeri, ini yang harus dihentikan. Dan pertahanan masih sangat lemah karena anggarannya kecil. Jika kami terpilih, anggaran diperbesar dan kebocoran keuangan akan dihentikan.
Paslon 3: Saat ini perusahaan saya sedang menciptakan alustista dan teknologi militer canggih, saat dipamerkan banyak negara yang takut. Dengan ketakutan mereka pasti akan mudah mengusir semua perusahaan asing di negara ini. Izin untuk memproduksinya besar-besaran masih dihalangi pemerintah, jadi saat terpilih nanti, izin itu akan kami peroleh dengan mudah.

Moderator: Tenaga asing terus ada di negara ini, kesejahteraan rakyat menjadi kurang. Bagaimana cara Anda mengatasinya.
Paslon 1: Kami akan melakukan pelatihan bagi rakyat agar siap bekerja dan tidak perlu lagi tenaga asing.
Paslon 2: Saya langsung bertemu rakyat dan tahu betul yang dibutuhkan rakyat itu lapangan pekerjaan bukan pelatihan. Jadi  akan kami wujudkan itu jika terpilih nanti.
Paslon 3: Perusahaan saya tidak menerima tenaga asing. Perusahaan lain tidak seperti saya. Apalagi banyak perusahaan lain setelah mengambil sumber daya alam lalu meninggalkannya begitu saja. Lubang-lubang tambang dibiarkan, dan perusahaan saya terus menutup lubang itu. Memastikannya aman. Mendirikan rumah yang bisa ditempati tidak perlu membayar bagi rakyat, cukup bekerja di perusahaan saya, digaji UMP dan 1% gajinya dipotong untuk membayar rumah. Saya yakin rakyat bisa sejahtera. Masalahnya, banyak alam yang dirusak dan tidak bisa kami perbaiki terus. Pemerintah terus izinkan perusahaan tersebut merusak alam. Jadi, jika terpilih nanti. Siapapun perusahaan yang merusak alam, akan dicabut izinnya. Jika perusahaan asing, kami usir. Dan semua aset perusahaan yang melanggar tersebut akan kami ambil alih dan mengubahnya jadi perusahaan ramah lingkungan.

Moderator: Saat ini listrik, BBM, Air bersih, dan sembako naik. Bagaimana cara mengatasinya.
Paslon 1: Kami siapkan kartu untuk mendapatkan semua kebutuhan tersebut secara murah. Dan hanya rakyat yang tidak mampu boleh mendapatkannya. Jadi tidak ada rakyat mampu yang boleh mendapatkannya.
Paslon 2: Kami akan turunkan semuanya.
Paslon 3: Saya sudah ciptakan banyak pembangkit listrik bertenaga minyak perkebunan sawit. Dan mendirikan pembangkit tersebut ke desa-desa terpencil yang tidak teraliri listrik.Saya juga sediakan mobil pengangkut hasil kebun gratis dari perusahaan saya untuk mengantar ke kota. Jadi harga sembako di kota murah dan harga beli sembako langsung ke petani tidak murah, karena tidak tergantung biaya distribusi atau antar. Biaya antar mobil tersebut menggunakan keuntungan ekspor minyak sawit sebagai listrik ke luar negeri dari perusahaan ramah lingkungan kami. Kami juga dirikan bendungan di sumber mata air, dan ciptakan penyaring air laut jadi air tawar ke wilayah yang kemarau untuk mengatasi kesulitan air bersih. Semuanya murah karena didukung  keuntungan jual  beli listrik ke luar negeri.

(Selesai)

Si penulis yakin rakyat menyukai paslon nomor 3. Diapun tersenyum., “Seandainya itu bisa terwujud.”
Dan tiba-tiba ada yang menjawab, “Pasti itu bisa kamu wujudkan.”
Dia terkejut karena di rumah ini, cuma tinggal sendiri.

(Bersambung)

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Yang Paling Disukai Rakyat Setelah Debat (Eps 4)"

Post a Comment

Hak Cipta Dilindungi

Cerbung.id. Powered by Blogger.