Penjelasan Genre Cerita

Mengutip dari Wikipedia, Genre berasal dari bahasa Perancis yang kemudian dipakai dalam bahasa Internasional sebagai kata serapan. Genre berarti jenis untuk suatu seni. Termasuk seni sastra, Genre dipakai dalam menentukan jenis suatu cerita. Jumlah Genre tidak terbatas dan selalu berkembang sesuai dengan jaman. Mempunyai manfaat sebagai pembeda.

Macam-Macam Genre Cerita:

1. Romantis
Adalah jenis cerita tentang hubungan dua insan manusia laki-laki dan perempuan yang dipenuhi ikatan erat oleh cinta, kesetiaan, pengorbanan, ketulusan, pengertian, dan kasih sayang.

2. Riddle
Jenis cerita ini menggunakan kata serapan bahasa Inggris yang sering dipakai di Indonesia untuk hal yang menyangkut teka-teki. Sehingga pembaca akan diajak untuk memecahkannya sebagai ajang asah otak. Karena sebelum masalah muncul akan terdapat petunjuk.

3. Fantasi
Cerita khayalan yang dihubungkan dengan hal masuk akal termasuk dalam jenis cerita ini. Suatu pengalaman yang belum pernah ditemui di dunia nyata dapat dihadirkan dalam cerita.

4. Misteri
Berbeda dengan Riddle, pada jenis cerita Misteri pembaca cuma disungguhkan hal-hal yang belum terpecahkan tanpa petunjuk yang kemudian terpecahkan berserta alasan yang dihadirkan.

5. Thriller
Sesuatu yang seru dan menegangkan akan dihadirkan jadi satu cerita. Khusus untuk jenis cerita ini untuk yang sudah berumur di atas 18 tahun agar dapat menentukan yang salah dan baik. Karena terdapat unsur sadis bahkan mengerikan.

6. Horor
Banyak yang menyalah artikan jenis cerita ini dengan menyertakan unsur sadis saja. Seharusnya terdapat hal mistis yang tidak masuk akal tapi diakui dan dipercaya keberadaannya seperti Hantu atau peristiwa aneh yang menyangkut dunia lain.

7. Sedih
Menghadirkan pengalaman yang menguji hati nurani. Jenis cerita ini berdasarkan masalah hidup manusia pada umumnya yang digunakan sebagai pembelajaran agar tetap bersyukur. Karena setiap hal sedih yang dialami bukan cuma sendiri yang mendapatkannya tapi di luar sana ada orang lain juga mengalami.

Masih banyak lagi Genre lainnya dan Genre di atas dapat anda temukan dalam cerbung di situs Web ini.

Sumber: Wikipedia

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Penjelasan Genre Cerita"

Post a Comment

Hak Cipta Dilindungi

Cerbung.id. Powered by Blogger.